makalah dampak positif negatif HP
KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan
kepada Tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka kami
boleh menyelesaikan sebuah makalah dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan
sebuah makalah dengan judul “DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF HANDPHONE ”, yang menurut kami dapat memberikan manfaat
yang besar bagi kita untuk mempelajari nya.
Melalui kata pengantar ini penulis
lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada
kekurangan dan ada tulisan yang kami buat kurang tepat atau menyinggung
perasaan pembaca.
Dengan ini kami mempersembahkan makalah
ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini
sehingga dapat memberikan manfaat.
Kampar, 12 November 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................... 1
A.
Latar Belakang 1
B.
Rumusan Masalah......................................................................................... 2
C.
Tujuan Penulisan .......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................. 3
A.
Dampak Positif Penggunaan Handphone Bagi Pelajar................................. 3
B.
Dampak
Negatif Penggunaan Handphone Bagi Pelajar .............................. 3
C.
Upaya yang
Harus Dilakukan agar Pelajar Tidak Salah dalam Memanfaatkan Handphone 5
BAB III PENUTUP ........................................................................................ 7
A. Kesimpulan .................................................................................................. 7
B. Saran 7
DAFTAR PUSTAKA
......................................................................................8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Manusia
mempunyai kemampuan untuk melihat masa depan. Dengan akal pikirannya manusia
mengembangkan ilmu pengetahuan dan menciptakan teknologi yang diingininya. Oleh
sebab itu, antara ilmu dan teknologi saling berkaitan erat karena tanpa ilmu
tidak ada penerapan baru untuk teknologi dan tanpa teknologi tidak ada yang
akan menikmati penemuan ilmu.
Dewasa
ini, perkembangan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
berkembang dengan pesatnya. Berkat perkembangan dari kemajuan IPTEK, manusia
dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai
kegiatan sehingga dalam kegiatan hidupnya tersedia berbagai kemudahan yang
memungkinkan kegiatannya lebih efektif serta efisien.
Dengan handphone yang melalui
fitur-fitur lengkap membuat pelajar mampu mengakses informasi yang ada di
seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan hampir bersamaan
serta dengan biaya yang relatif murah sehingga dapat membantu sisa dalam
mengakses informasi yang berhubungan dengan materi- materi pembelajaran yang
diberikan di sekolah alhasil prestasi belajar pelajar dapat meningkat. Namun di
lain pihak, handphone pun dapat menimbulakan dampak negatif terhadap prestasi
belajar pelajar. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan penggunaan handphone oleh
para pelajar sehingga handphone juga dapat membuat prestasi sebagian pelajar
menurun. Oleh dari itu saya membuat karya tulis ini.
B. Rumusan Masalah
1. Apa saja dampak positif penggunaan
handphone bagi pelajar ?
2. Apa saja dampak negatif penggunaan
handphone bagi pelajar ?
3. Apa saja upaya yang harus dilakukan agar pelajar tidak salah dalam
memanfaatkan handphone ?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui dampak positif
penggunaan handphone bagi pelajar.
2. Untuk mengetahui dampak negatif
penggunaan handphone bagi pelajar.
3. Untuk memberikan upaya yang harus dilakukan agar pelajar tidak salah
dalam memanfaatkan handphone.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Dampak Positif Penggunaan Handphone Bagi Pelajar
1.
Mempermudah
komunikasi (Melakukan komunikasi dengan orang tua).
Peran
ini memang vital terutama bagi siswa yang relatif jauh rumahnya dari sekolah
dan ada kendala transportasi. Untuk itu peranan HP sangat penting sekali untuk
memastikan kapan dan kapan jemputan diperlukan.
2.
Mencari
informasi IPTEK lewat internet, hal ini dimungkinkan dengan penemuan seri HP
canggih generasi 3G yang memberikan kesempatan penggunanya untuk browsing
internet lewat Handphone
3.
Memperluas
jaringan persahabatan dengan mengakses jejaring sosial yang bisa kita dapatkan
dengan mendownload aplikasi java yang sesuai dengan handphone kita.
4.
Mempermudah
kegiatan belajar, handphone yang dilengkapi feature seperti Document Viewer
dapat membantu pelajar dalam mempelajari materi dalam bentuk ebook atau pdf
secara portable dengan mudah.
5.
Membantu
pelajar untuk berlatih English conversation dengan format Mp3 atau Mp4.
6.
Menghilangkan
kepenatan pelajar setelah belajar dengan mendengarkan music dengan feature Mp3
player atau radio Fm*.
B.
Dampak Negatif Penggunaan Handphone Bagi Pelajar
Dampak
penggunaan HP terhadap pelajar itu sangat membahayakan jika digunakan dengan
maksud yang tidak jelas dan dapat merugikan baik diri sendiri maupun orangtua.
Guru juga sangat dirugikan oleh HP. HP dapat menghambat pemberian pelajaran
kepada para pelajarnya. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh HP :
1. Konsentrasi belajar menurun
Konsentrasi
terhadap pelajaran menjadi berkurang karena lebih mementingkan HP mereka yang
digunkan untuk ber-sms sama teman maupun membalas sms dari teman. Terlebih lagi
sekolah yang memiliki pengawasan yang kurang ketat sehingga para siswa memiliki
waktu luang untuk ber-sms. Waktu belajar pun banyak digunakan untuk bermain
handphone ataupun bersmsan, selain itu waktu malam hari yang biasanya dahulu
digunakan para pelajar untuk belajar sekarang malah digunakan telepon-teleponan
dan bersmsan.
Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran
merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian peserta didik
terhadap pelajaran.
2. Mengganggu
Perkembangan Anak :
a) Fitur-fitur yang tersedia di HP
seperti : kamera, games, gambar, dan fasilitas yang lain, mudah mengalihkan
perhatian siswa dalam menerima pelajaran di sekolah (kelas).
b) Siswa mudah disibukkan dengan
memanggil/ menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari
keluarga mereka sendiri.
c) Lebih parah lagi dengan HP dapat
untuk melakukan kecurangan dalam ulangan.
d) Dengan HP peserta didik dapat mudah
mengirim/ menerima baik tulisan maupun gambar yang tidak senonoh dan tidak
selayaknya dikonsumsi pelajar tingkat SMP. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka
peserta didik akan dewasa sebelum waktunya, dan peserta didik yang kita hadapi
merupakan peserta didik yang taat dan patuh pada permainan teknologi HP.
3. Pengeluaran menjadi bertambah /
boros
Dengan
anggaran orang tua yang serba minim para siswa memaksa orang tuanya untuk dapat
dibelikan HP. Belum lagi para pelajar setelah itu harus meminta uang kepada
orangtua untuk membeli pulsa setip bulan bahkan setiap hari. Apalagi dengan
canggihnya handphone-handphone zaman sekarang yang bisa dengan mudahnya
berselancar di dunia maya itu pun berpengaruh dengan pengeluaran yang menjadi
bertambah Dari yang biasanya habis pulsa lima puluh ribu perbulan menjadi lebih
dari seratus ribu rupiah agar bisa menikmati akses internet dan akses jejaring
sosial tanpa batas pemakaian. Hp yang dipakai pun semakin canggih dan semakin
sering diisi baterainya sehingga akan lebih boros listrik.
Kebanyakan
pelajar sekarang itu tidak mempunyai buku dengan alasan tidak punya uang,
tetapi dibalik itu kalau urusan “ membeli pulsa “ tidak ada kata : “ tidak
punya uang “
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap
dan perilaku siswa.
Jika
tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan
gambar-gambar yang mengandung unsur pornografi. Ini adalah akibat yang paling
berbahaya dalam penggunaan HP oleh para pelajar. Mereka menggunakan HP dengan
tujuan yang menyimpang contohnya seperti mengisi video porno kedalam HP dan
menggunakan kata-kata yang tidak senonoh.
5. Rawan
terhadap tindak kejahatan.
Pelajar merupakan salah satu target utama dari pada
penjahat. Apalagi handphone merupakan perangkat yang mudah dijual, sehingga,
anak-anak yang menenteng handphone bisa-bisa dikuntit maling yang mengincar
handphonenya.
6. Membentuk sifat hedonisme pada anak/
pelajar
Ketika
keluar gadget terbaru yang lebih canggih, mereka pun merengek-rengek meminta
kepada orang tua, padahal mereka sebenarnya belum memahami benar manfaat setiap
fitur-fitur baru secara menyeluruh.
C.
Upaya yang Harus Dilakukan agar Pelajar Tidak Salah
dalam Memanfaatkan Handphone
Jika
ditilik dari dampak yang ditimbulkan maka diperlukan perhatian secara seksama
dari berbagai pihak yang terkait baik dari orang tua, guru, dan lingkungan
karena jika dibiarkan secara berlarut-larut maka kondisi semacam ini justru
menimbulkan kerugian yang cukup besar baik pada pelajar tersebut, orang tua,
masyarakat maupun negara. Untuk itulah, diperlukan upaya yang mungkin dapat
diterapkan anatra lain:
1.
Profesionalisme guru di dalam pembelajaran
Profesionalitas guru sangat berperan
dalam proses pembelajaran. Hal ini memungkinkan karena kemampuan guru dalam
mengelolah kelas serta menyampaikan materi-materi pembelajaran dengan
menggunakan teknik-teknik, pembelajaran tidak membosankan pelajar sehingga
pelajar menjadi antusias dalam mengikuti materi-materi pembelajaran yang
disampaikan oleh guru. Dengan demikian, dapat meningkatkan prestasi belajar
pelajar.
2.
Adanya pelarangan penggunaan handphone pada
waktu-waktu tertentu
Pelarangan pemakaian handphone pada
saat proses belajar mengajar sedang berlangsung sangatlah efektif karena pelajar
tidak dapat dengan leluasa tukar menukar jawaban bilamana guru memberikan quiz
alhasil pelajar mempunyai kesadaran untuk meningkatkan kualitas dirinya melalui
proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
3.
Peran serta orang tua dan masyarakat
Kepedulian orang tua dan masyarakat
pada aktivitas anak-anaknya di luar lingkungan sekolah sangat memengaruhi
pembentukan mentalitas anak. Hal ini perlu dicermati karena keberadaan anak di
lingkungan sekolah. Sehubungan dengan itu, perlu kiranya di jalin hubungan kerjasama
yang harmonis dengan pihak keluarga dan masyarakat sekitar sehingga pelajar
dengan penuh kesadaran tidak mengakses gambar-gambar yang berbau pornografi
yang akhirnya dapat merusak mentalitas dari pelajar tersebut.
4.
Kesadaran dari setiap pelajar
Timbulnya kesadaran dari setiap
pelajar untuk memiliki handphone untuk hal-hal yang bersifat positif bukan
untuk berlomba-lomba memiliki handphone yang bermerk demi meningkatkan status
sosial pelajar sehingga timbul hal-hal yang tidak diinginakan seperti pencurian
handphone di lingkungan sekolah yang dapat meresahkan lingkungan sekolah dan
pelajar itu sendiri.
5.
Pengetahuan pelajar tentang efek penggunaan
handphone
Adanya
pengetahuan pelajar mengenai efek penggunaan handphone sangat membantu setiap
pelajar dalam menggunakan handphone. Hal ini dikarenakan semakin sering pelajar
menggunakan handphone untuk hal-hal yang kurang bermanfaat maka radiasi yang
dipancarkan oleh handphone ke dalam tubuh semakin meningkat dan dapat
menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh mulai dari tingkat molekuler,
susunan atom-atomnya bahkan sampai pada perubahan sistem yang ada pada tubuh
seperti sistem hormonal, enzim dan metabolism tubuh sampai perubahan struktur
DNA. Untuk tingkat molekuler misalnya dapat menimbulkan gangguan pada sistem
syaraf pusat, gangguan pada pengaturan fungsi kelenjar buntu oleh syaraf dan
perubahan permeabilitas pembuluh darah yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan
dan berdampak pada prestasi belajar pelajar.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Handphone
merupakan salah satu dari produk iptek yang canggih dewasa ini. Hal ini
dikarenakan handphone mampu mengakses informasi yang ada di seluruh penjuru
dunia dalam waktu yang relatif singkat dan hampir bersamaan serta biaya yang
relatif murah. handphone dapat menimbulkan dampak positif dan negatif terhada
prestasi belajar siswa. Upaya yang mungkin dapat diterapkan terhadap dampak
negatif yang ditimbulkan handphone antara lain yaitu profesionalisme guru di
dalam pembelajaran, adanya pelarangan penggunaan handphone ketika proses
kegiatan belajar mengajar berlangsung, peran serta orang tua dan masyarakat
sangat membantu perkembangan prestasi belajar siswa. kesadaran dari setiap
siswa mengenai manfaat penggunaan handphone dan efek penggunaan handphone
yang dapat menunjang prestasi belajar siswa.
B.
Saran
1.
Tidak perlulah seorang pelajar
menggunakan handphone yang memiliki fitur-fitur yang berlebihan
karena dapat mengganggu konsentrasi belajar.
2.
Gunakan handphone seperlu mungkin (SMS atau
telephone) guna menghindari dampak negatif dari penggunaan handphone.
3.
Manfaatkan fasilitas handphone untuk
kegiatan sekolah, seperti browsing, pemotretan (bila dibutuhkan).
Mematuhi kebijakan sekolah dimana
pada saat jam pelajaran berlangsung, siswa dilarang mengoperasikan handphone.
4.
Perlu penegasan terhadap siswa atau pelajar dalam
penggunaan handpone, baik dari guru maupun orang tua di rumah.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2288567-pengertian-siswa/
http://p3laj4r.blogspot.com/2012/04/dampak-handphone-terhadap-prestasi.html
http://teknologi-mu.blogspot.com/2012/09/sejarah-handphone-dan-perkembang
annya.html
http://www.anneahira.com/sejarah-handphone.htm
Nur
Ibrahim, Rohmat. Terampil Berkomputer Teknologi Informasi dan Komunikasi
Untuk Kelas VII SMP/MTs. Jakarta. Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan
Nasional
Komentar
Posting Komentar